Cara Memanage Sebuah Proyek Dengan Baik

Bagaimana cara mengelola dan mengorganisir berbagai aset, SDA, waktu serta kualitas pekerjaan proyek, sehingga pekerjaan menghasilkan kualitas yang maksimal dalam waktu yang sudah diplanning serta memberikan efek kesejahteraan bagi Pekerja adalah Manajemen Pekerjaan yang baik.
Pekerjaan proyek membutuhkan sebuah organisasi yang bagus sehingga masing-masing Pekerja dapat melaksanakan pekerjaanya dengan baik sesuai tenggung jawabnya masing-masing tanpa mendapat instruksi dari pimpinan. Dalam hal ini dibutuhkan juga Manajemen proyek yang baik, sehingga dapat menjadikan sebuah hasil yang baik juga.

Pekerja proyek dalam suatu organisasi proyek gedung meliputi:


  • Project manajer
  • Site Enginering Manajer atau Manajer Teknik
  • Site Oparional Mnajer atau Manajer Lapangan
  • Safety dan K3
  • Quality Qontol bertugas mengontrol kualitas pekerjaan
  • Site Administrasion Manajer mengelola keuangan proyek.
Masing – masing personil inti pekerjaan tersebut membawahi para staff yang bekerja sesuai bidang keahlianya, antara lain:


  • Quantity Surveyor : Menghitung volume item pekerjaan bangunan
  • Metode pelaksanaan : Membuat sistem pelaksanaan paling efektif dan efisien sehingga menghasilkan pekerjaan yang bagus dengan biaya murah.
  • Drafter : Membuat gambar shop drawing sebagai pedoman pelaksanaan pembangunan dan gambar Asbuilt drawing sebagai gambar laporan kepada pemilik proyek.
  • Pelaksana : Memantau jalanya pelaksanaan pembangunan sehingga menghasilkan kualitas bangunan yang bagus, mengarahkan pekerja dan membuat laporan pelaksanaan.
  • Surveyor atau Uitzet : Melakukan pekerjaan pengukuran sehingga bangunan yang dilaksanakan benar-benar sesuai dengan apa yang direncanakan.
  • Administrasi
  • Akutansi
  • Perpajakan
  • Safety Patrol
  • Satpam atau petugas keamanan pekerjaan
  • Tukang bangunan.


Ciri-ciri manajemen proyek yang baik

  • Pembangunan cepat, kualitas bagus dan harga murah.
  • Suasana kerja yang menyenangkan, kompak dan adanya sikap saling menghargai antara sesama rekan kerja, bawahan dengan atasan serta atasan terhadap bawahan.
  • Para Manager dalam manajemen pekerjaan dapat bertindak sebagai pemimpin.
  • Terpenuhinya hak-hak dan tanggung jawab karyawan dengan baik.
  • dan lain sebaginya yang sekiranya baik.
  • Sebuah manajemen pekerjaan yang baik akan dapat menyelesaikan pembangunan pekerjaan dalam waktu yang cepat kurang dari jadwal secara kontrak atau maksimal tidak mengalami keterlambatan, selain itu pengendalian biaya juga harus dilakukan dengan baik sehingga dapat memperoleh keuntungan maksimal, ditambah lagi kualitas bangunan yang bagus juga menjadi kunci utama manajemen pekerjaan karena hal ini juga bisa menjadi kegiatan pemasaran untuk kedepanya sehingga mudah dalam mendapatkan proyek bangunan yang siap untuk dikerjakan.



Bagikan ya: Facebook Twitter Google+

Cara Memanage Sebuah Proyek Dengan Baik

Posted by Princess, Published at 12.04.

Comments Facebook :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar